Kategori
Uncategorized

Tips Mengatasi Stress Kerja

Terkadang tekanan dalam pekerjaan bisa menimbulkan stres kerja. Hal tersebut cukup mengganggu karena bisa memengaruhi kondisi fisik dan mental pekerja. Sebelum stres kerja menguasai hidupmu, kamu lebih baik segera mengatasinya dengan menerapkan beberapa langkah yang dibahas dalam artikel ini untuk membuat kamu menjadi lebih produktif dan bersemangat dalam bekerja.

Munculnya stres kerja biasanya disebabkan oleh banyak sekali alasan yang mungkin menjadi penyebab stres kerja. Baik itu faktor eksternal maupun faktor internal yang berasal dari dirimu sendiri. atasan yang kurang bisa memberikan dukungan, beban atau waktu kerja yang berlebihan, rekan kerja yang suka merundung atau tidak suportif, serta melakukan kekerasan fisik di lingkungan kerja.

tips mengatasi stress bekerja

Selain itu, Gaji yang mulai tidak dapat memenuhi kebutuhanmu, lingkungan kerja yang kurang nyaman, beban kerja yang semakin meningkat adalah sedikit dari sekian banyak alasan kamu mengalami stres kerja. Selain itu, banyak faktor lainnya seperti keluarga besar yang selalu membanding – bandingkan pekerjaan kita dengan saudara lainnya dapat menjadi salah satu faktor pemicu stress yang kamu alami loh.

Tips Mengatasi Stress Kerja

Mendengarkan Musik

Tahukah kamu salah satu ciri orang jenius adalah senang mendengarkan musik. Karena dengan mendengarkan musik selain kamu akan menjadi lebih rileks, mendengarkan musik juga dapat mengurangi tingkat stres kamu.

Kamu dapat mendengarkan lagu kesukaanmu sembari mengerjakan pekerjaanmu. Selain menjadi lebih santai, biasanya judi bola kamu juga akan lebih fokus karena tidak terdistraksi oleh suara bising lain. Sama seperti sayuran hijau yang dapat meningkatkan mood, musik juga mempunyai kemampuan sihir yang sama untuk mengembalikan mood kamu.

Menggunakan waktu dengan efisien

Selanjutnya, kamu dapat membuat perencanaan untuk menghadapi hari-hari kamu di kantor. Hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi stress kerja yang efektif.

Karna biasanya jika kamu bekerja overtime, mood kamu cenderung sensitif dan juga stress karena menganggap kerjaan kamu sebagai beban. Contoh lainnya adalah memanfaatkan waktu dengan efisien, agar kamu tidak telat. Sebab jika terlambat, Anda bisa merasa kacau dan serba terburu-buru.

Jaga Pola Hidup

Hectic-nya pekerjaan kerap membuat kita lupa untuk menjalani gaya hidup sehat. Di lansir dari berbagai sumber. Jika kita beristirahat yang cukup, konsumsi vitamin dan makanan bergizi serta berolahraga dapat membantu melindungi kesehatan fisik dan mental dari stres pekerjaan. Hal ini juga dapat menjaga keseimbangan perubahan mood kamu dan membuat kamu lebih propduktif dalam mengerjakan pekerjaanmu.